Usai Dilantik, Bupati Ini Langsung Pindahkan Sekda Jadi Staf

Usai Dilantik, Bupati Ini Langsung Pindahkan Sekda Jadi Staf

11 Juni 2021 0 By Tim Redaksi

BUPATI Kepulauan Sula, Fian Adeningsi Mus, pada Selasa (8/6/2021) secara mengejutkan mengumumkan pergantian 57 pejabat.

Di antara pejabat yang dipindahkan, ada nama Sekretaris Daerah (Sekda), Syafrudin Sapsuha.

Saat ini Muhlis Soamole resmi mengisi jabatan Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kepulauan Sula, mengganti posisi Syafrudin.

Syafrudin dimutasikan dari jabatannya selaku Sekda Kabupaten Kepulauan Sula berdasarkan SK Bupati Nomor 880/678/KEP/VI/2021 tertanggal 8 Juni 2021 dan menempati posisi baru sebagai staf pada Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Kepulauan Sula.

Plt Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Kepulauan Sula, Sehat Umagapi, mengungkapkan saat ini Syafrudin memang sudah menjadi stafnya.

“Untuk sementara Syafrudin sudah menjadi staf saya sesuai dengan SK yang dikeluarkan oleh Bupati, akan tetapi untuk beberapa hari ini beliau belum masuk mungkin sedang berhalangan,” ucap Sehat, Kamis (10/6/2021).

Sehat bilang, bagi ASN yang tidak berkantor tentu akan mendapatkan sanksi.

“Kalau untuk satu atau dua hari tidak masuk, masih wajar-wajar saja mungkin beliau berhalangan, akan tetapi kalau sudah lewat dari satu minggu lebih berarti beliau harus dipanggil secara resmi agar dapat memberikan keterangan terkait ketidakhadirannya,” tukasnya.

Sementara itu, Syafrudin Sapsuha, saat dihubungi cermat melalui telepon, mengatakan belum ada panggilan resmi terkait ruangan mana yang akan ditempatinya sebagai staf.

“Saya kan baru dua hari tidak berkantor. Apalagi saya diberhentikan dari Sekda terus turun langsung ke staf biasa di Bagian Umum. Alangkah bagusnya diberitahukan secara resmi posisi saya di meja yang mana atau di tempat yang mana,” jelasnya.

Ia juga mengaku akan tetap patuh pada aturan ASN.

“Saya pun siap masuk kantor dikarenakan saya kan ASN,” pungkasnya.

(Montt