Polda Metro Jaya Peringatkan Roy Suryo, Begini Katanya

Polda Metro Jaya Peringatkan Roy Suryo, Begini Katanya

10 Juni 2021 0 By Tim Redaksi

POLDA Metro Jaya memberikan sebuah peringatan kepada mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Peringatan tersebut berupa peraturan yang harus diketahui oleh Roy Suryo bila ingin polisi menangkap seseorang.

Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, belum lama ini.

“Ya kan ada mekanisme,” ucapnya.

Munculnya peringatan tersebut tak lepas dari Roy Suryo yang ingin kepolisian menangkap dua pegiat media sosial Eko Kuntadhi dan Mazdjo Pray.

Namun hal tersebut tidak langsung dilakukan oleh pihak kepolisian, karena Yusri mengatakan sebelum dilakukan penangkapan penyidik harus terlebih dulu melakukan penyelidikan.

“Penyelidikan dulu yang kita lakukan,” tambahnya.

Proses penyelidikan itu dilakukan dengan pertama memeriksa terlapor, kemudian pelapor, lalu saksi-saksi dan saksi ahli serta mengumpulkan dan memeriksa alat bukti yang ada.

Setelah semua aspek di atas terpenuhi, pihak penyidik akan melakukan gelar perkara. Jika ditemukan unsur pidana maka kasus akan dinaikkan ke tahap penyidikan.

Dan jikalau tidak ditemukan adanya unsur pidana, maka proses penyelidikan akan segera dihentikan dalam waktu dekat.

Meskipun begitu, pihak Polda Metro Jaya akan mengupayakan agar kasus Roy Suryo vs Eko Kuntadhi dan Mazdjo Pray diselesaikan dengan mediasi.

“Kita kedepankan adalah ‘restorative justice’ dulu, karena ada surat edaran dari Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) juga bagaimana kita mengedepankan mediasi dulu,” pungkasnya.

Sebelumnnya, dikabarkan bila Roy Suryo melaporkan Youtuber Eko Kuntadhi dan Mazdjo Pray ke SPKT Polda Metro Jaya pada 4 Juni 2021.

Roy Suryo menyebut unggahan Eko Kuntadhi dan Mazdjo Pray di kanal Youtube itu membahas soal kecelakaan lalu lintas dirinya dengan Lucky Alamsyah, namun dalam versi yang tidak sesuai fakta.

(Montt/GenPi)