Pengamat Sarankan 3 Partai Besar Ini Gandeng PDIP dalam Pemilu 2024, Ini Alasannya

Pengamat Sarankan 3 Partai Besar Ini Gandeng PDIP dalam Pemilu 2024, Ini Alasannya

22 September 2022 0 By Tim Redaksi

DIREKTUR Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo menyarankan Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS menggandeng PDIP.

“Menurut saya akan lebih bagus kalau tiga parpol ini menggandeng PDIP yang sekarang sedang sendirian,” ujar Kunto.

Kunto menduga hal tersebut berpotensi membuat basis pemilih menjadi lebih lebar sehingga keempat parpol tersebut bisa memenangkan Pemilu 2024.

Meski demikian, Kunto menilai nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak akan digeser dari calon yang diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

“Siapa (cawapres, red) yang dicalonkan? Terserah tiga parpol terebut dan PDIP menentukan sosok yang akan mendampingi Anies,” tuturnya.

Dirinya menilai stigma nasionalis religius yang dibawa Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS sudah cukup baik.

Akan tetapi, menurutya, pemilih ebanyakan memilih calon presiden bukan karena partainya.

“Basis dari partai memang ada. Akan tetapi basis partai itu paling mentok 30 persen suara saja. Apakah bisa menag dengan angka segitu? Kan enggak,” kata dia.

Oleh sebab itu, menurutnya, Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS harus melebarkan basis capresnya agar bisa memastikan kemenangan.

“Anies dan AHY sudak cukup baik jika memang tidak ada pilihan lain. Akan tetapi, lebih baik jika menggandeng PDIP agar ceruk pasarnya jadi lebih banyak,” ujar Kunto.

(Montt/GenPi)