Kabar Baik! untuk Para Lulusan Sarjana, Ada Program Beasiswa Uang Saku Terbesar, Ini Rinciannya

Kabar Baik! untuk Para Lulusan Sarjana, Ada Program Beasiswa Uang Saku Terbesar, Ini Rinciannya

22 Juni 2023 0 By Tim Redaksi

METROONLINENTT.COM – Kabar baik! Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 Batch 2 akan dibuka pada 9 Juni 2023 mendatang.

Beasiswa LPDP selalu banjir pelamar karena memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk kuliah gratis di dalam maupun luar negeri.

Selain itu, beasiswa LPDP 2023 juga termasuk program beasiswa dengan uang saku terbesar.

Melansir dari laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/, Kamis (22/6/2023), berikut adalah persyaratan hingga benefit Beasiswa LPDP 2023 Batch 2 ini:

Baca Juga:

Terbaru, Bank BCA Siap Buka Lowongan Kerja, Bagi Para Lulusan S1 dan S2 Merapat, Tertarik?

Bank Syariah Indonesia Resmi Buka Lowongan Kerja, untuk Fresh Graduate S1 dan S2, Cek Sekarang

Syarat Beasiswa LPDP 2023 Batch 2

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.

3. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut: Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

5. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan: hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/ tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit.

Baca Juga:

4 Fakta SPG Cantik Digilir 2 Pria di Dalam Mobil, Sungguh Bejat, Yaampun

Kasusnya Parah, Eks Kapolsek Ini Ditangkap dan Jadi Tersangka, Waduhh

6. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

7. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

8. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.

9. Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program.

10. Bagi pendaftar berstatus PNS dan CPNS di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan sekurang-kurangnya dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/ pengembangan SDM pada Kementerian/ Lembaga atau Pemerintah Daerah untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.

11. Bagi pendaftar berstatus prajurit TNI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI/ TNI AD/ TNI AL/ TNI AU untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.

12. Bagi pendaftar berstatus anggota Polri di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes Polri untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.

13. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

14. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.

15. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP, dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut: Kelas Eksekutif Kelas Khusus Kelas Karyawan Kelas Jarak Jauh Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk Kelas Internasional bagi pendaftar tujuan studi dalam negeri; Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi, atau Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

16. Beasiswa dapat diberikan untuk kelas khusus dalam bentuk progam kerja sama antara LPDP dengan instansi lain.

17. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP (poin-poin terlampir).

18. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.

19. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

20. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

21. Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/ non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.

Jadwal Beasiswa LPDP 2023 tahap 2

a. Pembukaan Pendaftaran: 9 Juni – 9 Juli 2023

b. Seleksi Administrasi: 10 – 23 Juli 2023

c. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 27 Juli 2023

d. Seleksi Bakat Skolastik: 7 – 9 Agustus 2023

e. Pengumuman Seleksi Bakat Skolastik: 16 Agustus 2023

f. Seleksi Substansi: 4 September – 27 Oktober 2023

g. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi: 7 November 2023

h. Intake Paling Cepat: Januari 2024

Benefit

Bagi penerima beasiswa LPDP 2023 akan mendapatkan pembiayaan penuh dan tunjangan lainnya selama menempuh pendidikan. Berikut adalah rinciannya:

1. Dana Pendidikan

– Dana Pendaftaran

– Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal

– Dana Tunjangan Buku Dana Penelitian Tesis/Disertasi

– Dana Seminar Internasional

– Dana Publikasi Jurnal Internasional

2. Dana Pendukung

– Dana Transportasi

– Dana Aplikasi Visa

– Dana Asuransi Kesehatan

– Dana Kedatangan

– Dana Hidup Bulanan

– Dana Lomba Internasional

– Dana Tunjangan keluarga (khusus Doktor)

– Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)

Baca Juga:

(Ber/Nes)