Waspada! Dinas Pendidikan Ini Terbitkan Surat Edaran, Begini Isinya, Sangat Penting

Waspada! Dinas Pendidikan Ini Terbitkan Surat Edaran, Begini Isinya, Sangat Penting

4 September 2023 0 By Tim Redaksi

METROONLINENTT.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menegaskan tidak ada kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena polusi.

Hal itu termuat dalam edaran bernomor e-0049/SE/2023 tentang Waspada Peningkatan Pencemaran Udara di Wilayah DKI Jakarta Bagi Seluruh Warga Satuan Pendidikan.

Adapun SE yang diteken Plt Kepala Disdik DKI Jakarta Purwosusilo pada 25 Agustus 2023 ini berisi tujuh poin langkah antisipasi peningkatan polusi udara pada warga satuan pendidikan.

Baca Juga:

Tak Disangka, MA Akhirnya Membatalkan Vonis Mati Ferdy Sambo, Ini Alasannya

Kabar Penting, Ada Syarat Terbaru Perpanjangan STNK, Para Warga RI Silahkan Baca dan Simak

Melansir pada Senin (4/9/2023) berikut adalah tujuh poin aturan Disdik DKI terkait polusi udara:

Aturan terbaru disdik dki terkait polusi udara di Jakarta

1. Kepala Satuan Pendidikan mengimbau Warga Satuan Pendidikan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan cara:

-Memakai masker dalam beraktivitas di luar ruangan

-Mengurangi aktivitas di luar ruangan

-Menjaga imunitas tubuh

-Makan dengan gizi seimbang

-Minum air putih yang sehat dan cukup

2. Kepala Satuan Pendidikan agar menerapkan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara ketat dan melakukan Gerakan Menanam Pohon di Lingkungan Satuan Pendidikan sebagai upaya mengurangi pencemaran udara.

3. Kepala Satuan Pendidikan dikoordinasikan oleh Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan agar berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas terdekat untuk melakukan screening kesehatan Warga Satuan pendidikan dalam mendeteksi dini kondisi kesehatan Warga Satuan Pendidikan dan mengimbau kepada orangtua atau Wali Peserta Didik untuk melakukan deteksi dini secara mandiri.

4. Kepala Satuan Pendidikan dan Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan agar berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas terdekat bila ditemukan gejala sakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat pencemaran udara berdasarkan hasil screening kesehatan.

5. Kepala Satuan Pendidikan memberikan edukasi dan upaya preventif terkait dampak polusi udara terhadap kesehatan kepada warga Satuan Pendidikan dan menggiatkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Baca Juga:

Dua Oknum Anggota DPRD Ditangkap Polisi, Simak Kasusnya, Astaga

Pengacara Top dan Terkenal di Indonesia Jadi Tersangka, Ini Kasusnya, Lihat

6. Kepala Satuan Pendidikan mengimbau kepada Warga Satuan Pendidikan untuk memanfaatkan penggunaan transportasi umum dan atau kendaraan tidak beremisi atau kendaraan listrik sebagai alternatif transportasi.

7. Kepala Suku Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Suku Dinas Perhubungan agar memastikan transportasi sekolah yang telah disediakan (bus sekolah) dapat secara maksimal dimanfaatkan untuk membantu mobilitas Peserta Didik dalam rangka mengurangi pencemaran udara.

Baca Juga:

(Ber/Nes)