Alasan Hakim Sungguh Mengejutkan, Pria Ini Divonis Bebas Usai Mutilasi dan Bakar Istrinya

Alasan Hakim Sungguh Mengejutkan, Pria Ini Divonis Bebas Usai Mutilasi dan Bakar Istrinya

12 Juni 2023 0 By Tim Redaksi

METROONLINENTT.COM – Pria pemutilasi hingga merebus daging istrinya, Harapan Munthe divonis bebas majelis hakim Pengadilan Negeri Tarutung.

Hal ini karena Harapan Munthe dinyatakan mengalami gangguan kejiwaan

Melansir dari berbagai sumber pada Senin (12/6/2023), majelis hakim menyatakan Harapan Munthe tidak terbukti melakukan pembunuhan berencana.

Baca Juga:

Wahai Masyarakat Seluruh RI, BBM Resmi Turun Lagi, Segini Harga Pertalite Terbaru

KemenPAN-RB Sampaikan Himbauan Terbaru, untuk Seluruh Pendaftar CPNS 2023, Isinya Serius!

Sidang vonis Harapan Munthe ini digelar Rabu (7/6/2023) kemarin.

“Menyatakan terdakwa Harapan Munthe tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan primer. Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari dakwaan primer tersebut,” demikian putusan hakim.

Hakim berpendapat Harapan Munthe dinyatakan bersalah dan terbukti sengaja membunuh istrinya.

Harapan pun dinyatakan bersalah melanggar Pasal 338 KUHP sebagaimana dakwaan subsider jaksa.

Namun, Harapan tidak dipenjara karena kondisi kejiwaannya terganggu.

“Menyatakan terdakwa Harapan Munthe telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan sebagaimana dalam dakwaan subsider, akan tetapi terdakwa tidak dapat dimintai pertanggung jawaban pidana. Melepaskan terdakwa oleh karena itu dari segala tuntutan hukum,” jelas hakim.

Hakim pun memerintahkan Harapan segera dibebaskan dari tahanan. Sebagai gantinya, majelis memerintahkan terdakwa dirawat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Muhammad Ildrem milik Pemprov Sumut.

“Memerintahkan kepada penuntut umum untuk menempatkan terdakwa di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Muhammad Ildrem di Kota Medan segera setelah terdakwa dikeluarkan dari tahanan untuk menjalani perawatan selama satu tahun,” ujar hakim.

Baca Juga:

Teruntuk Masyarakat Indonesia, Ini 2 Cara Jika Dilabrak Debt Collector di Jalan, Mereka Pasti Kabur

Kabar Menggembirakan, PDIP Usulkan Masa Jabatan Kepala Desa Jadi 9 Tahun, Anda Setuju?

Sebagia informasi, Harapan Munthe semula dituntut hukuman penjara seumur hidup. Jaksa menilai Harapan terbukti bersalah membunuh istrinya.

“Menyatakan terdakwa Harapan Munthe terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, sebagaimana dalam Pasal 340 KUHPidana pada dakwaan primair penuntut umum,” jelas jaksa penuntut umum dalam tuntutannya.

Baca Juga:

(Ros/Nkr)